Rabu, 13 Agustus 2014

Air terjun Pengantin (Curug Penganten) konon namanya diambil dari sebuah kisah sepasang sejoli yang menikah setelah berkunjung kesana. Jadi setiap sejoli yang berkunjung kesana dan membawa atau menggunakan air dari air terjun itu untuk di minum, mandi, cuci muka, atau membasuh sebagian dari tubuh maka akan segera disetujui oleh orang tuanya untuk menikah, atau bagi para jomblo akan di entengkan jodohnya. Ini akhirnya menjadi mitos yang dipercayai oleh warga sekitar. Buat anda para jomblo bisa di coba, siapa tau ini benar bisa terjadi.

Ada juga yang menceritakan bahwasannya dulu masyarakat sekitar sebelum melakukan acara pernikahan baik mempelai laki-laki ataupun perempuan diharuskan untuk mandi di curug ini. Semenjak itulah air terjun ini disebut curug pengantin.

Curug yang terdapat di daerah sijampang Kelurahan Ragatunjung ini belum banyak orang yang mengetahui. Bukan tempatnya yang susah dijangkau ataupun kurang menarik, melaikan karena pemerintah setempat tidak melihat potensi disekitar dan mengembangkannya menjadi tempat wisata.

Letakya di jajaran perbukitan yang membentang. Tepat di atasnya ada perkebunan teh kaligua. Sampai saat seakrang, tempat ini hanya dimanfaatkan sebagai sumber mata air yang di alirkan oleh warga sekitar untuk sawah-sawah yang ditanami sayuran slada.  Jadi kalau kita berkunjung kesana akan disuguhkan oleh hijaunya ladang slada, sama seperti rumput hijau untuk bermain sepakbola.

Sebenarnya jika tempat ini dikelola dengan baik dan serius pasti akan menjadi objek wisata yang diminati oleh para wisatawan. Selain tempatnya tidak terlalu jauh dari jalan raya, curug pengantin juga satu jalur dengan objek wisata yang sudah terkenal, yaitu perkebunan teh kaligua. Jadi saat parawisatawan melancong ke bumiayu atau paguyangan, tidak melulu ke kaligua, ada juga ke destinasi lain.(/rgt)

( Doc. Pribadi)















(Doc. Pribadi)

1 komentar:

  1. Seandainya ada perhatian lebih dr pemerintah...pasti Curug pengantin tsb bisa lebih indah

    BalasHapus

Alamat

Jl. Kali Gombong No.01
RT. 02 / RW. 01 Pesawahan, Kel. Raga Tunjung,
Kec. Paguyangan, Kab. Brebes 52276
Prov. Jateng - Indonesia

Popular Posts