Kamis, 14 Agustus 2014

(Sumber : Budaya Indonesia)
Permainan panggal (gasing) saat ini memang sudah jarang sekali dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang. Selain kalah popular dengan permainan-permainan modern panggal juga kurang banyak diminati karena tidak ada yang membuat suatu terobosan agar permainan asli Indonesia ini tidak punah.

Berbeda dengan permainan jaman sekarang yang membatasi anak untuk tidak bertatap muka langsung dengan teman mainnya dan saling bersosialisasi, panggal justru sangat baik untuk dimainkan, karena anak bisa bertemu dengan teman-temannya dan bisa bersosialisasi langsung. Selain dimainkan oleh anak-anak permainan ini juga bisa dimainkan oleh orang dewasa untuk sekedar hiburan, atau nostalgia masa-masa kecilnya. Tapi tak jarang juga permainan ini oleh sebagian pecinta permainan tradisional sebagai ajang perlombaan.

Panggal terbuat dari kayu atau bambu. Setiap daerah memiliki segi bentuk berbeda-beda sesuai dengan keingin atau selera masing-masing ada yang berbentuk bulat lonjong, berbentuk kerucut, dan berbentuk seperti jantung. Namun intinya sama membuat benda yang bisa berputar dengan seimbang dan di mainkan dengan sebuah tali. Memainkannya pun tidaklah sulit yang penting memainkannya tidak ragu-ragu saat  melemparkannya ke tanah. 

Jenis panggal juga berbeda-beda ada panggal adu bunyi, adu putar, dan adu pukul. Panggal adu pukul biasanya diselipkan paku didalamnya sehingga dalam aduan siapa yang pecah ketika permainan  berlangsung dialah yang kalah, sedangkan panggal adu putar yang diadukan ialah ketahan berputar dalam arena permainan. dalam permainan panggal biasanya peserta terdiri dari beberapa orang yang memainkan ada juga yang berkelompok sesuai kesepakatan.

Seiring berkembangnya waktu atau zaman permainan gangsing tradisional kini sudah mulai musnah karena kurangnya pelestarian permainan tradisional dan masuknya kultur atau kebudayaan asing. Perkembangan zaman sudah masuk kedalam kebudayaan daerah kita sehingga penerus generasi bangsa jarang mengetahui permainan tradisional dan hanya mengenal namanya saja, mungkin juga tidak mengetahui sama sekali permainan ini. (/rgt)

0 komentar:

Posting Komentar

Alamat

Jl. Kali Gombong No.01
RT. 02 / RW. 01 Pesawahan, Kel. Raga Tunjung,
Kec. Paguyangan, Kab. Brebes 52276
Prov. Jateng - Indonesia

Popular Posts